January 16, 2017

Heroes Shed No Tears – Chapter 17: The cold aura of a sword (Part 3)

 

Para tamu yang telah mabuk karena anggur telah berangkat. Di halaman dan aula terdapat beberapa jepit rambut rusak dan kalung terbuang, beberapa ikat pinggang dan stoking kasa bersamaan dengan botol tembakau rusak dan kotak pemerah pipi beserta beberapa benda lain yang tak dikenali. Tampaknya seolah-olah mereka semua telah ditempatkan sehingga tuan rumah akan tahu bahwa semua orang benar-benar mabuk.

Dan bagaimanakah dengan tuan rumah itu?

Jika tuan rumah itu tidak mabuk, bagaimana bisa para tamu itu bisa bersenang-senang?

Little Gao tampak seperti orang yang meninggal, membaringkan wajahnya diatas meja panjang. Namun ketika Zhuo Donglai tiba, orang yang meninggal itu terbangun, dan mendesah panjang.

“Kenapa kau selalu menunggu sampai semua orang pergi dulu sebelum kau datang? Apakah kau benar-benar benci melihat orang sedang bersenang-senang? “

Zhuo Donglai menatapnya dengan dingin. “Sudah pasti aku tidak menyukainya. Tak ada yang menarik sama sekali tentang orang yang terbangun dan melihat orang-orang mabuk. “

Dia menatap Little Gao. “Syukurlah, kau tidak mabuk. Yang lainnya mabuk, tetapi kau tidak.”

Tak ada reaksi keracunan sedikitpun dimata Little Gao.

“Aku dapat melihatmu cukup mabuk,” kata Zhuo Donglai. “Lebih mabuk daripada kelinci disaat musim semi.”

Little Gao tertawa, tertawa lebar. “Kau tidak salah. Tidak salah sama sekali.” Sambil tertawa, ia berkata,” Matamu lebih tajam daripada mata rubah disaat musim gugur. “

“Kau membuat orang-orang lain mabuk. Mengapa kau sendiri tidak mabuk?”

“Karena aku tahu seekor rubah akan datang cepat atau lambat. Ketika rubah itu datang, kelinci perlu untuk tetap sadarkan diri.”

“Jika rubah itu tiba, rubah itu tak akan membantu kelinci untuk mabuk.”

“Oh?”

“Jika seekor kelinci tahu bahwa rubah akan datang, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah lari secepat mungkin.” Zhuo Donglai tertawa. “terkecuali, dan tentu saja, jika kelinci itu tak takut dengan rubah!”

“Bagaimana bisa kelinci tidak takut dengan rubah?”

“Karena dibelakang kelinci ada sebuah tombak, tombak yang mengarah kehati si rubah. Tombak yang dapat menembus jantung rubah setiap saat. “

“Tombak?” Little Gao berkedip. “Tombak yang mana?”

Zhuo Donglai tertawa. “Sudah jelas tombak itu berasal dari kotak soliter. Kotak soliter yang hilang, dan ditemukan lagi.”

Little Gao tertawa. Dia tak berkedip lagi, dan pada kenyataannya perasaan kekaguman yang tulus mengisi matanya.

“Kau mengetahuinya?” Tanyanya kepada Zhuo Donglai. “Bagaimana kau bisa tahu?”

“Kau berpikir aku mengetahuinya? Aku hanya tahu bahwa ada beberapa jenis orang didunia ini yang mana ketika mereka kehilangan seseorang, akan menemukan cara untuk membayar utang itu sepuluh kali lipat. Dan aku mengetahui bahwa kebetulan Xiao Leixue merupakan jenis orang seperti itu, dan juga ia telah menemukan dirimu.” Dia tertawa. “Saya sedikit tahu tentang hal ini.”

Little Gao menatapnya dalam waktu yang lama, dan kemudian menghela napas. “Itu tidaklah sedikit, itu sangatlah banyak. Tak heran jika Xiao Leixue mengatakan kepadaku bahwa melakukan bisnis dengan Tuan Zhuo tidaklah menyenangkan. Seringkali ada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu kau katakan, karena ia telah mengetahuinya. “

Senyum Zhuo Donglai mulai tampak seperti dipaksakan. “Sayangnya, Aku tak mengerti berapa banyak yang telah aku ketahui.”

“Apakah kau tahu bahwa aku diutus oleh Xiao Leixue kemari?” Little Gao menjawab pertanyaannya sendiri. “Tentu saja kau mengetahuinya. Dan kau juga pasti tahu dia mengirimku kemari untuk mendiskusikan sesuatu dan itu bukanlah sesuatu hal yang bagus. “

“Ada begitu banyak tipe hal yang buruk. Tipe hal apakah tindakanmu itu? “

“Itu adalah jenis hal  yang sangat buruk, sebenarnya.” Little Gao mendesah lagi. “Jika bukan karena aku berutang kebaikan kepadanya, Aku tak akan datang menemuimu untuk mendiskusikan tentang hal ini.”

“Salah!” Zhuo Donglai tersenyum lagi. “Dalam hal ini, kau salah.”

“Apa maksudnya?”

“Dalam beberapa aspek, Jenis hal-hal yang terbaik berubah menjadi yang terburuk. Dan dalam beberapa hal, jenis hal-hal yang terburuk berubah menjadi yang terbaik. Dalam dunia laki-laki, banyak situasi yang seperti ini.” Dia melanjutkan untuk menjelaskan, “Jika Tuan Xiao telah memutuskan untuk tak mengirim seseorang berbicara denganku, namun malah memutuskan untuk datang sendiri ditengah-tengah malam ketika tak ada orang-orang, dan membawa kotak nya … Nah, yang akan terjadi adalah jenis hal yang terburuk.”

“Jadi tak masalah jika ia mengirimku kemari untuk berbicara denganmu,kau tak akan kecewa?”

“Ya.”

“Ok, baguslah kalo begitu.”

Namun, ekspresi Little Gao menjadi sangat serius. Meniru nada bicara Zhuo Donglai sendiri, dia berkata dalam satu waktu, “Dia ingin aku untuk mengambil alih posisi Sima Chaoqun. Untuk menanggung norma-norma dari Great Protection Agecny, dan menjadi pemimpin utamanya.”

Orang-orang lain mungkin akan mengharapkan Zhuo Donglai untuk melompat setelah mendengarkan hal ini.

Namun ia tak melakukannya. Dia hanya dengan dingin bertanya kepada Little Gao: “Itulah yang Xiao Leixue inginkan?”

“Ya.” Dan kemudian Little Gao bertanya, “Bagaimana menurutmu?”

Zhuo Donglai tak berpikir sebentar untuk mempertimbangkan. Dia hanya menjawab dengan dua kata. “Sangat bagus.”

“Sangat bagus?” Little Gao terkejut. “Apa maksudmu dengan ‘sangat baik?'”

Zhuo Donglai tersenyum, dan kemudian tunduk kepada Little Gao.

“Sangat bagus berarti yang mulia telah menjadi kepala Great Protection Agency. Kau memegang kursi nomor satu.”

Little Gao terkejut.

Sikap Zhuo Donglai menjadi lebih hormat.

“Mulai hari ini, para pemimpin pemberani dari ketiga puluh enam rute berada di bawah perintah anda. Jika ada yang tak patuh, pisau Zhuo Donglai akan menjadi yang pertama untuk memenggal mereka.”

Dia menatap Little Gao dengan matanya yang gelap berwarna abu-abu. “Namun sekarang, kau adalah bagian dari Great Protection Agency. Agency mengikuti kursus yang ditetapkan oleh pemimpin. Kau harus benar-benar setia dan tidak setengah-setengah dalam melayani. Masalah Great Protection Agency juga adalah masalah anda, musuh-musuh Great Protection Agency juga adalah musuh anda.”

Little Gao akhirnya mendesah. “Aku mengerti maksudmu.” Dia tertawa getir. “Awalnya aku tak mengerti mengapa engkau menyetujuinya dengan cepat. Namun sekarang saya mengerti.”

“Selalu sama seperti ini. Sama seperti dua sisi dari pedang yang berharga. “Suara Zhuo Donglai begitu serius dan tenang. “Jika kau ingin mendapatkan sesuatu, kau harus membayar harga.” Suaranya tiba-tiba menjadi serak. “Aku rasa anda tahu Sima Chaoqun membayarnya dengan apa dimasa lalu.”

“Dan kau?” Tanya Little Gao. “Kau membayar dengan apa?”

Zhuo Donglai tertawa. “Aku membayar dengan apa? Apa yang aku peroleh? ” tawanya penuh dengan rasa derita. “Aku takut aku tak bisa menjawab pertanyaan tersebut, karena aku sendiri tidak mengetahuinya.”

Dia tidak berbohong, dan kata-katanya benar-benar penuh dengan rasa emosi. Begitu banyaknya sehingga Little Gao merasa iba kepadanya.

Untungnya, Zhuo Donglai dengan cepat mengembalikan rasa tenang yang seperti batu itu. Dan kemudian memberikan pertanyaan yang lebih tajam daripada pisau.

“Aku bersedia untuk membiarkanmu memimpin Great Protection Agency. Dan aku bersedia bersumpah untuk setia dan melayanimu. Aku percaya bahwa kita saling memahami, dan bisa mendapatkan keuntungan dari persetujuan ini. Namun, bagaimana dengan orang-orang lain?”

“orang-orang lain?”

“Great Protection Agency terdiri dari 36 rute pasukan. Untuk membuat mereka mendukung kepemimpinan anda tidaklah mudah. Apakah anda bersedia melakukannya?”

“Menurutmu apa yang harus kulakukan?”

“Pertama, anda harus mendapatkan martabat, dan kemudian anda akan mendapatkan kepercayaan. Bila anda memiliki kepercayaan, anda dapat memerintah para pahlawan dan membuat orang-orang mematuhi anda. Asumsinya anda berada pada posisi ini, Maka tentu saja anda harus memperoleh martabat dahulu.”

“Mendapatkan martabat? Bagaimana cara mendapatkan martabat? “

“Sima dan aku telah berpisah. Dia telah menghilang dalam amarah.”

“Aku tahu.”

“Jika anda tahu, maka aku cukup yakin bahwa banyak orang lain yang akan tahu. Sebelum kematian Zhuo Qing, Ia tak lupa untuk mengirimkan orang untuk menyebarkan berita.”

“Selama hal itu tak mengganggu balas dendamnya, dan ia pasti memiliki tujuan, aku yakin dia tak akan lupa. Aku pikir dia dapat melakukan banyak hal. “

“Sudah pasti.”

“Ketika kau mendengar bahwa Xiao Leixue mengirimku untuk mengambil alih kepemimpinan dari Great Protection Agency, kau tak punya kecenderungan untuk menentang. Karena kau membutuhkan bantuanku. “

Zhuo Donglai tak menyangkal hal ini. “Pada saat ini, keadaan kami tak stabil. Tuan Xiao mungkin memahami situasi dengan baik, sehingga ia mengirim dirimu kesini.” Ia melanjutkan, “Tuan Xiao dan aku saling mengerti satu sama lain, dan aku tak akan pernah mempertimbangkan untuk menolaknya.” Dia menatap Gao Jianfei dan mengatakan, satu kata pada satu waktu,” Untuk mendapatkan martabat dalam keadaan seperti ini, Kau harus menggunakan metode yang paling efektif dan langsung. “

Little Gao menatapnya. Setelah beberapa lama, ia bertanya, satu kata pada satu waktu, “Apakah kau mengatakan bahwa aku harus membunuh Zhu Meng?”

“Ya.”

“Apakah itu adalah keharusan?”

“Ini bukanlah keharusan, itu adalah suatu hal yang tak dapat dihindari,” katanya dingin. “Hadapi hal tersebut, karena kita benar-benar tak mempunyai pilihan lain.”

Gao Jianfei tiba-tiba berdiri dan berjalan kearah jendela.

Diluar, salju masih belum mencair. Cuaca begitu terang dan cerah, namun semuanya masih terlihat berwarna putih. langit menjadi berwarna biru. Dari kejauhan, awan putih melayang-layang dan melewati. Lalu awan itu berhenti, dan kemudian melayang lagi.

Setelah beberapa lama. Zhuo Donglai mendesah. “Aku mengerti. Kau dan Zhu Meng adalah orang-orang Jianghu. Kau menepati janji dengan sangat serius, dan kau tak peduli tentang kematian. Kau tahu bahwa hidup dan mati dapat ditentukan dengan cara menjentikkan jari. ” Kata-katanya terdengar tulus. “kau bertemu dengan Tuan Xiao secara kebetulan, namun bisa langsung berteman. Kalian akan bersama-sama sampai mati. “

Dia menghela napas, penuh dengan perasaan emosi. “Dimata para ‘kaum pria’ yang benar-benar tidak memahami arti persahabatan, mungkin kau tak terhitung sebagai seorang teman. Namun aku dapat mengerti.”

Ia melanjutkan: “Aku paham jika aku memintamu untuk membunuh Zhu Meng adalah hal yang sangat menyedihkan. Tidak hanya engkau, ataupun dia, namun juga semua orang.”

Little Gao tak dapat berkata-kata.

“Jadi aku berharap bahwa kau dapat memahami sesuatu,” kata Zhuo Donglai. “Jika kau tak membunuh Zhu Meng, maka orang lain yang akan melakukannya. Jika ia tak mati ditanganmu, ia akan mati ditangan orang lain. “

“Mengapa?”

“Ketika Propinsi Qin kehilangan dukungan dari orang-orang, semua orang dibawah langit berebut kekuasaan. Sima Chaoqun kehilangan posisinya persis disituasi yang sama. Dan oleh karena itu, Kepala Zhu Meng menjadi sasaran dari setiap pahlawan diantara 36 rute dari Great Protection Agency yang ingin merebut kekuasaan.”

Dia terus menjelaskan: “Zhu Meng adalah pahlawan sepanjang masa, dan ia adalah musuh besar dari Great Protection Agency. Siapapun yang berada dibawah Great Protection Agency yang dapat memenggal kepalanya akan mendapatkan cukup martabat untuk mengambil posisi Sima. Setidaknya, ada tiga orang yang memiliki kesempatan tersebut.”

“Dan kau takut kepada mereka!”

“Yang aku takut bukanlah mereka.”

“Lalu mengapa kau tak merebut posisi itu?”

“Karena dirimu,” kata Zhuo Donglai. “Aku tak takut kepadamu, tetapi ketika kau bergabung dengan Xiao Leixue, hal itu akan menjadi kekuatan tak terhentikan.”

Dan sekali lagi, dia berbicara jujur.

“Alasanku tak membunuh Zhu Meng adalah karena aku ingin memberikan posisi itu untuk Sima. Dan alasanku tak membunuhnya sekarang adalah karena aku ingin meninggalkan posisi itu untukmu. Akan lebih baik baginya jika ia mati ditanganmu daripada ditangan orang lain. Dalam kasus apapun, dia adalah orang yang sudahmati.”

Little Gao tiba-tiba berbalik dan menatapnya. matanya memerah, wajahnya tak berwarna.

“Tiga orang yang kau sebutkan tadi. Apakah mereka sudah tiba di Chang’an? “

“Kemungkinan besar iya.”

“Siapa saja mereka?”

“A ruthless sword (Pedang kejam), A deadly spear (Tombak kematian), dan senjata tersembunyi berlapiskan racun pohon barkcloth (1). Masing-masing dari senjata itu memenuhi syarat untuk terdaftar diantara 70 senjata yang paling menakutkan di bawah langit. “

“Aku bertanya siapa mereka, bukan senjata yang mereka gunakan.”

“Mereka semua pembunuh, dan mereka semua memiliki informasi di Chang’an. Seharusnya mereka dapat menemukan Zhu Meng dalam waktu tiga atau empat jam. Itu semua yang perlu kau ketahui. “

“Kenapa kau tidak memberitahuku nama-nama mereka?”

“Karena jika kau mendengar nama mereka, kemungkinan besar hal itu akan mempengaruhi kehendakmu untuk bertarung.”

“Dapatkan kita menemukan Zhu Meng sebelum mereka?”

“Kau tidak, namun aku bisa.”

“Dimana dia?”

“Dalam genggamanku,” kata Zhuo Donglai santai. “Dia selalu berada digenggamanku.”

Translator / Creator: fatality