October 4, 2016

DM Chapter 1-1 Cataclysm Begin Through Death March

 

Bintang – bintang bertebaran. Dengan jumlah yang sangat banyak. Terkadang beberapa dari bintang – bintang itu berubah menjadi bintang jatuh. Saat orang – orang melihat bintang jatuh, mereka berdoa di dalam hati mereka. Tapi, bukankah langit terbelah oleh meteor yang jatuh?

Bersamaan dengan raungan yang menggema, sebuah bongkahan yang luar biasa besar menuju bumi dengan kecepatan tinggi.

Kemungkinan orang – orang saat itu sedang menikmati pemandangan tersebut melalui TV atau tayangan di salah satu situs internet.. tapi tidak ada oang yang melihat pemandangan seperti ini pada jarak dekat .

Ya, saat ini ribuan meteor jatuh ke bumi didepan mataku.

Tidak.

Aku seharusnya tidak mengatakannya seakan-akan ini bukan urusanku. Bencana ini terjadi karena diriku.

Sebab dari pilihanku yang gegabah 10 menit yang lalu, sekarang semua meteor menuju ke bumi.

Menerjang dari jarak beberapa kilometer jauhnya, menghancurkan musuh –musuh. Dari sudut mataku, sebuah titik merah menghilang bersamaan dengan nyawa mereka.

Dan kemudian, beberapa saat setelah sebagian besar meteorit menghilang ke dalam bumi terdengar suara yang sedikit tertunda bersamaan dengan tanah yang bergetar.

Sebelum ombak debu datang menyergap…

Tiba – tiba, tubuhku terhempas dengan sakit yang amat luar biasa, seperti hukuman dari langit.

Kepalaku terasa hampir pecah.

Diikuti tubuhku yang rasanya seperti tercabik – cabik.

Sesaat kemudian setelah kesadaranku hilang karena sakit yang luar biasa, tubuhku terhempas oleh gelombang debu.

**

Mari kita sedikit melihat kebelakang.

Aku bekerja di hari libur untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan yang tertunda. Game smartphone  dan PC berbasis browser dari perusahaan yang sangat besar, menugaskan outsourced subcontractor programmer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.
Bahkan perusahaan ilegal pun jarang sekali mempekerjakan satu orang dalam dua proyek. Apalagi, ada programmer pemula yang tiba-tiba menghilang disaat tanggal rilis sudah sangat dekat, meninggalkan banyak bug dan perubahan spesifikasi! Sial!

Bekerja di tempat dengan tekanan yang sangat tinggi, dan hanya ada programmer pemula dan aku sendiri. Aku tidak mengantisipasi akan terjadi situasi seperti ini, aku dipaksa untuk menyelesaikan proyek ku sendiri, tapi juga terperangkap dengan proyek yang dikerjakan junior ku yang sial itu.

“Baiklah, semua class sudah selesai, I/O dan entri comment, sisanya adalah mengatur pengelompokkan direktori secara otomatis dari sumber kode, relation diagram, dan memperbaiki beberapa bug.

Aku mengistirahatkan leher sejenak.
Melihat sekeliling, kantor ini masih penuh pada saat liburan, seperti biasa. Tetanggaku, seorang pekerja outsourced yang bertanggung jawab memperbaiki bug, selalu menggerutu jika bekerja, tapi tidak ada satupun yang terganggu olehnya. Tidak ada yang punya waktu untuk itu. Seluruh desainer dan bagian perencanaan bekerja tanpa bicara, lengkap dengan matan yang terlihat seperti ikan mati.

Saat aku kembali dari mengambil secangkir kopi, layarku sudah menunjukkan beberapa material output yang membutuhkan perbaikan bug.

Bagaimanapun juga, tanpa ada direktori untuk kukerjakan, aku bisa saja dipecat.

Sudah hal yang wajar jika seorang junior yang mengikuti program OJT selalu untuk mengeluh seakan sedang sekarat. Diantara 4 programer yang ada saat si junior mulai masuk kantor 6 bulan yang lalu, hanya aku yang masih tersisa, aku bahkan tidak tahu pasti ada berapa programmer yang tersisa di seluruh perusahaan ini.

“Pak… Pak Suzuki, klien kita mengatakan bahwa tingkat kesulitan untuk permainan WW terlalu sulit bagi pemula, apa yang harus kita lakukan?”

Aku hampir mengumpat pada Satou, Kami telah bekerja sebagai tim selama 6 bulan, berhentilah membuat kesalahan!

Direktur gendut itu dan bagian perencanaan memalingkan kepalanya kearahku dengan wajah penuh masalah.
Lebih lagi, walaupun beberapa masalah muncul, dia kadang terlihat bahagia, Mengapa sangat banyak M diantara developer?”

WW adalah singkatan dari War World, permainan untuk smartphone dan PC browser. Ini adalah permainan dengan sistem strategi seperti pada umumnya dengan tambahan sedikit aspek sosial di dalamnya.

“Bukankah mereka berkata, pasar tidak akan mau memainkannya game ini lagi jika tingkat kesulitannya kita turunkan?”

Ya, tingkat kesulitan ini telah didiskusikan di banyak agenda dengan para klien. Para pembuang waktu itu benar – benar seperti sampah. Menyedihkan.

“Bagaimana bila kita menggunakan bonus bagi pemain yang baru bermain pertama kali yang kemarin sempat kita batalkan, fitur untuk menunjukkan semua musuh dilayar peta, dan 3 kali penggunaan sihir penghacur dengan radius seluruh peta? Juga berikan gelar yang langka atau beberapa hadiah kepada pemain yang tidak menggunakan item tersebut.

“Karena kita memang tidak memiliki waktu lagi, mari kita lakukan. Aku serahkan padamu untuk pengerjaannya Pak Suzuki.” Seperti biasa Pak Gendut itu memerintah tanpa belas kasih.

“Tunggu dulu. Aku masih mengerjakan beberapa perbaikan bug untuk permainan MMORPG di smartphone saat ini, ucapkan saja “OK” kepada para klien untuk saat ini. Tidak ada untuk waktu memperbaikinya jika permainan itu ditolak karena pengerjaan yang tergesa-gesa.”

“Baiklah, aku akan segera menyampaikannya pada mereka lewat telepon..”

Sosok pak gendut seperti raksasa itu menghilang kedalam ruangan bebas merokok dengan telepon genggam di tangannya.

Aku melanjutkan pekerjaanku dengan mengomel kepada diriku sendiri.
Tanda “sedang pergi” di meja pak gendut itu menyala, menandakan ia sedang memakan makanan cepat saji di tengah malam.

Setelah menyelesaikan beberapa kesalahan kecil yang ditinggalkan oleh juniotku, aku menyerahkan sisanya kepada tim debug.

Hal Itu mengingatkanku pada, apa nama game itu? Aku susah mengingatnya karena aku selalu menyebutnya MMO atau Roleplay. Oh iya, nama game itu adalah Freedom Fantasy World. Karena namanya sangat mirip dengan nama asli game WW, yaitu Fantasy War World, tidak ada orang yang menyebut judul aslinya. Aku memikirkannya kembali, karena sistem direktori mencatatnya sebagai FFW. Sejak itu kami menghilangkan “Fantasy” dan hanya menyisakan WW,  tidak ada ambiguitas lagi.

Sementara perubahan untuk WW sedang berjalan sementara waktu ini, aku juga mengirimkan bug yang aku temukan dalam FFW ke tim debug… Lembur lagi hari ini.

Pengecekan berlanjut hingga keesokan paginya, secara ajaib program client dari MMO-RPG telah dikirimkan.

Tentu saja, masih ada beberapa bug yang tersisa, tapi sejak ada senjata utama yang bernama Update Patch, tidak perlu ada lagi yang dikhawatirkan. Aku seakan mendengarkan cemoohan dari pada pemain tetapi saat ini aku sangat mengantuk. Selagi tim debug bekerja, aku mengirimkan paket modifikasi berbentuk exe kepada pak Gendut melalui email perusahaan, lalu aku menuju tempat berlindungku yang terdapat tepat dibawah mejaku, tidur untuk pertama kalinya dalam 30 jam.

Ah, bahagia. Waktu yang paling membahagiakan untuk para buruh perusahaan. Untuk saat ini, tidur adalah keadilan!

**

Apakah kau tahu tentang istilah lucid dream?
Dimana kau bisa merasakan bahwa kau benar benar berada di dalam mimpi.

Saat ini, aku di sebuah gurun.

Aku berhenti sejenak saat menyadari kata – kataku terdengar seperti Tuan Pol.

Ya, gurun. Aku pikir tempat ini sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Mengapa aku tahu kalau ini adalah sebuah mimpi?

Alasan pertama, karena yang terakhir kali aku ingat, aku sedang tidur dibawah mejaku. Alasan lainnya adalah aku dapat melihat 4 buah Icon disebelah kanan bawahu dan tombol menu di kanan atas dari pandanganku.

Ini seperti hal yang baru kubuat di permainan WW beberapa waktu lalu.

Bagaimanapun juga! Ini pertama kalinya aku bermimpi tentang hal yang aku kerjakan selama debugging Death March. Aku tidak yakin apakah aku benar benar di gurun atau sedang berada di ruang kerjaku saat ini….
Apakah ini karena ruangan itu sangat kering, aku rasa itu alasannya.

Entah bagaimana caranya menu terbuka saat aku menyentuhkan jariku. Sebuah jendela transparan yang sering digambarkan sebagai teknologi pada masa depan muncul didepanku… Menrutku, aku memiliki imajinasi yang aneh, karena itu aku tidak pernah berencana untuk menjadi bagian dari tim perencanaan atau desainer.

Menu terbagi menjadi beberapa jendela tambahan seperti INFO, MAP, Unit Management, Storage, Exchange, dan, log, begitupun Status, Equipment, Magic, dan Skill menu yang tidak ada di WW.

Apakah karena tercampur dengan debug  FFW yang kukerjakan semalam?

Bagaimanapun juga, kau tidak dapat mengharapkan adannya konsistensi di dalam mimpi.

Saat aku mengecek Status, level 1, HP,MP, Strength, dan atribut lainnya 10. Ini adalah status dasar tanpa penambahan bonus poin. Pengecekan terakhir adalah pembuatan karakter.

Hmmm? Ada juga beberapa tipe Job  dan parameter Reward & Punishment yang tidak ada di FFW?  Dari mana asal ini semua?

Umur, 15 tahun…. Apakah aku berpikir seperti seorang anak – anak lagi? Job Type: Management, tapi aku bahkan tidak memiliki seorang anak buah!
Bahkan, Affiliation: None, apakah ini tanda agar aku mengganti Job….

Tampilan itu benar benar menyiratkan bahwa aku butuh liburan.

Kemampuan khusus seperti Unit Creation atau Unit Arrangement mungkin muncul dari WW, tapi apa perlu adanya tambahan Field Kemampuan Unik didalam menu?
Selain itu apa maksud dari ability terakhir menjadi [Indestructible]? Mimpi yang sangat aneh.

Aku menggunakan pakaian polo berkerah, celana chinos, dan sepatu sneakers. Ini adalah pakaian yang kupakai. Di dalam storage terdapat dompetku, telepon genggam, dan kotak makanan kuning dengan makanan yang penuh dengan nutrisi, sebanyak satu kotak. Aku pikir ini adalah kotak makan yang ingin aku makan sebelum akhirnya aku tertidur pulas.

Magic dan Skill kosong
Disana terdapat 10 skill point, tapi sayangnya pada saat ini sama sekali tidak ada ability yang dapat ditambahkan poin nya.

Membuka Setting, dan aku menambahkan peta dan radar sebagai indikator dasar. Peta menunjukkan area secara luas dan posisiku sendiri. Radar menunjukkan daerah yang sama tapi menunjukkan dimana ada musuh, dan unit netral dengan kode warna.

Posisiku ditunjukkan oleh radar sebagai titik berwarna putih. Sekitar 100 meter dari tempatku tergambar daerah berwarna abu – abu, mengindikasikan daerah yang belum dijelajah.

“Ummm, aku tidak melihat ada musuh. Ini adalah waktu yang sangat senggang. Jika saja tempat ini adalah padang rumput, aku bisa membayangkan diriku hanya berbaring disini tanpa melakukan apapun.”
Aku tidak mau berbaring di daerah yang berbatu.

Secara tidak sengaja aku memandangi 4 buah Icon yang ada di pojok kanan bawah pengelihatanku. [All Map Exploration] ada 1, [Meteor Shower] ada 3. Ini adalah fitur untuk pemula, pengaturan dari pak gendut.

[All Map Exploration], seperti namanya, kemampuan ini akan memindai seluruh daerah dalam jarak tertentu. Juga digunakan sebagai kemampuan untuk melihat infromasi detil, termasuk titik lemah dari setiap unit.
Aku berpikir All Map Exploration akan terbuang percuma bila tidak digunakan dengan bijak, tetapi pak Gendut memaksa untuk memasukannya kedalam program.

Aku mencoba menyentuhnya seperti pada smartphone.
radar memindai seluruh area untuk mencari musuh dan akhirnya muncul bintik – bintik merah. Aku mengurangi pembesaran dalam radar untuk melihat area yang lebih luas.
Bintik merah hampir memenuhi setengah peta… Bukankah itu jumlah musuh yang terlalu banyak??

Aku memilih untuk menyerang mereka dengan tentaraku sendiri dengan menggunakan menu [Unit]
Semangatku membara, meski hanya memiliki pasukan yang sedikit tetapi bisa mengalahkan pasukan yang sangat banyak.

**

…Ada waktu dimana aku memikirkan hal seperti itu.

[Unit Creation].. memungkinan untuk membuat unit baru, tidak ada.
[Unit Arrangement].. Tidak dapat mengatur unit.

“Menyerang dengan karakter level 1 lolololol”
Benar – benar mimpi. Bahkan itu sebuah hal yang aneh untuk dipikirkan.

Aku melihat pada icon [Meteor Shower] di sebelah kanan bawah.

Ini adalah [Meteor Shower], kemampuan menghancurkan yang dahsyat.

[Meteor Shower] memiliki parameter tingkat kerusakan yang dahsyat; dapat menghancurkan apapun, bahkan dapat memusnahkan Boss terakhir yang tersembunyi di campaign scenario, dengan hanya satu serangan.

Ada sebuah pesan masuk ,”Meratakan seluruh area pada peta yang tak dapat kau selesaikan dengan ini.”

Apakah anda akan menggunakannya?

>Ya
Ya
Heil Braiking!

Kata – kata  terakhir yang muncul terasa sangat berbeda.
Mungkin karena efek dari begadang semalaman, aku menekan icon sambil memikirkan hal itu.

… Keheningan ini terasa sangat menyakitkan.
Aku berharap sesuatu yang luar biasa akan terjadi, tapi tidak ada yang terjadi kan?

Aku sangat kecewa dan bersiap membaringkan tubuhku. Punggungku terasa sakit sekali karena tanah yang penuh dengan bebatuan.
aku memalingkan wajahku menatap langit, sesuatu terlihat dari pandanganku.

Terimakasih telah menunggu.

Kita akhirnya kembali ke adegan pembukaan.

Nama asli, Suzuki Ichiro. Nama karakter, Satou. kehidupan lain dari Satou dimulai dari sini.

Translator / Creator: GeuRae